Blogger Widgets

Minggu, 23 September 2012

PENGERTIAN PIDATO , KHOTBAH, DAN SAMBUTAN



PENGERTIAN PIDATO , KHOTBAH, DAN SAMBUTAN


Nama             : Kheda ikhmah
Kelas  : XI IPS .2
Mapel : Bhs Indonesia


1.   PENGERTIAN KHOTBAH

Khotbah menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia Badudu – Zain, berasal dari bahasa Arab yang berarti pidato, wejangan yang disampaikan khatib di mesjid sebelum salat Jumat. Jelas, khotbah di sini, mempunyai pengertian kepada kita memberikan sesuatu yang berguna semacam nasehat baik untuk saat ini maupun nanti (di akhirat). Substansinya khotbah sangat berhubungan sekali dengan ketuhanan, agama, atau hal-hal tentang kebajikan.
Arti umum:
Ø  Khotbah Jumat di mesjid.
Ø  Khotbah Minggu di gereja

Dalam ajaran agama Islam ada beberapa macam jenis khutbah antara lain:
1.      Khutbah Jum’at
2.      Khutbah Idul Fitri
3.      Khutbah Idul Adha
4.      Khutbah Istisqa
5.      Khutbah Pernikahan


CONTOH KHOTBAH NIKAH
Pernikahan adalah salah satu perintah Tuhan, dan ini merupakanjalan para anbiya, termasuk manusia pertama, Adam (as) dan wanita pertama, Hawa(ra). Mereka melangsungkan pernikahannya di Surga, oleh sebab itu Allah (swt) memberikan suatu Wewangian Surgawi kepada setiap pasangan yang melangsungkan pernikahan agar mereka bahagia. Tetapi mereka sendiri harus menjaga wewangian itu sepanjang hidupnya, ini sangat penting.
Dan sekarang kita memohon kepada Allah (swt) untuk melestarikan wewangian tadi bagi mereka berdua sepanjang hidupnya di dunia, dan kita berharap agar mereka akan bersatu di akhirat kelak, dalam kehidupan yang kekal. Itulah makna dari pelaksanaan upacara pernikahan bagi sepasang pengantin baru.

Kita bersyukur kepada Tuhan kita, yang menciptakan pria dan wanita,dan mengaruniai mereka dari Cinta Ilahiah-Nya.
Jika Dia tidak menganugerahkan Cinta Ilahiah-Nya, tak seorang pun akan menemukan jodohnya. Dan Diamemerintahkan hamba-hamba- Nya untuk menjalani kehidupan yang mulia, denganmenjadikan orang saling berpasangan, bukannya satu wanita untuk semua pria atauseorang pria bagi seluruh wanita.

Suatu kehormatan bagi wanita, bahwa ia hanya diperuntukkan bagiseorang pria dan sebaliknya seorang pria hanya untuk seorang wanita.. Itu merupakan suatu kemuliaan bagi mereka dalam kehidupan ini. Siapapun yang melanggar aturan tersebut, Allah (swt) tidak akan menyebut mereka sebagai orang yang terhormat. Oleh sebab itu kita memegang teguh upacara yang mulia ini, dan kita memohon kepada Allah (swt) agar mereka berhasil dalam menjalani kehidupan mereka bersama.

Para wanita hanya boleh memandang suaminya. Jika kalian ditanya, Siapakah orang yangpaling tampan di dunia? Kalian harusmenjawab bahwa suami kalianlah yang paling tampan. Begitu pula dengan para pria, siapakah orangtercantik di London? Istri kalian.
Jika masing-masing melihat pada pasangannya, takkan ada lagi masalah,baik di London,di Inggris, di Turki, di Siprus, di Timur dan di Barat.

Ini adalah nasihat yang paling penting bagi pasangan yang barumenikah. Saya mendengar bahwa banyak pasangan yang mendaftarkan diri melalui petugas KUA. Setelah tiga hari, tiga minggu, tiga bulan,atau tiga tahun, keduanya menjalani jalan yang berbeda, karena mereka melihat(pada orang lain), yang wanita melihat pria lain; yang pria melihat wanitalain. Kalau demikian, pernikahan merekatidak akan berusia panjang.

Sekarangkalian tengah membangun suatu ˜gedung" baru, melangsungkan sebuah pernikahan,dan kita memohon kepada Allah (swt) untukmembuat kalian saling mencintai satu sama lain.

Kalian harus tahu, kalian semua: Jangan menyakiti hati istri
kalian, jangan menyakiti hati istri kalian! Buatlah (suasana) agar mereka senantiasabahagia dengan kalian; kalau tidak, ketika kalian datang, mereka akanpergi. Mengerti? Jagalah agar mereka tetap bahagia. Dengan demikan mereka pun akan berusahamembuat kalian bahagia.

Bawakan dia beberapa perhiasan (emas), seperti ini, seperti itu,sehingga dia akan senang denganmu.

Lakukanlah selalu; ketika istrimu marah kepadamu, bawakanlah sesuatu yang disukainya.

Wanita sangat beruntung, di dunia dan di akhirat kelak. Mengapa?
Karena tidak ada pertanyaan bagi mereka.

Pada Hari Kebangkitan, setiap wanita akan datang bersama suaminyadan ketika sang suami masuk surga, istrinya pun akan masuk bersamanya. Tak ada pertanyaan bagi mereka. Tetapi kalian”para pria”akan mendapat begitubanyak pertanyaan.

Kalian mengerti? Tunjukkanpaspor kalian di depan pintu surga, masuklah, dan istri kalian akan masuk bersama kalian. Ini istrimu? Allah ˜Azza wa Jalla akan bertanya pada kalian. Kalian akan menjawab,Ya. Kamu bahagia bersamanya Jika kalian menjawab, Ya; Allah (swt) akan berkata,Bawa dia masuk ke dalam surga.

Tetapi jika kalian berkata, Ya Tuhanku, Aku tidak pernah puas dengannya. Dia terlalu banyak bicara
Lalu Allah (swt) akan berkata,Stop! Berdiri! Mengapa kamu tidak bahagia dengannya? Dia adalah hijab antara dirimu dengan neraka. Jika dia tidak bersamamu, kamu pasti sudah tergelincir ke jurang neraka.
Oleh sebab itu mereka semua lebih berharga daripada kalian.

Ya, karena jika istri kalian tidak melayani kalian sebagai hijab,kita semua akan terjerumus ke dalam neraka, tak seorang pun yang akanmengeluarkan kita, kecuali isteri kita, tempat berlindung kita. Jadi di siang hari, ketika kalian hendakberangkat kerja, raihlah tangan istrimu (Syaikh Nazim ‚ menunjukkan gerakan mencium tangan),begitu pula di malam hari. Kalian harusmemperlakukan istri kalian dengan lembut.
Ya, hal ini adalah benar, mutlak, pasti dan bahkan sangat benar.

Oleh sebab itu kalian harus menjaga hak-hak mereka. Kalian, para pria suka melakukan kekejaman terhadap wanita dan tidak mempedulikan hak-hak mereka. Setiap orang harus menjaga hak-hak mereka(wanita) . Allah (swt) akan bertanya,Mengapa kalian tidak merasa puas terhadap istri kalian? Apa masalahnya, karena dia adalah yang menjadi hijab antara kalian dengan neraka, apakah dia tidak menjagarumahmu? Apakah dia tidak memasak? Tidak mencuci? Tidak merawat anak-anak? Tidak bersih-bersih? Allah (swt) akan bertanya.

Tidak ada kewajiban bagi wanita untuk melakukan suatu pekerjaan. (Menurut syariah Islam, sebenarnya pekerjaan rumah tangga dan mengurus anak merupakan tugas pria atau suami. Jika istri tidak sanggup atau tidak ingin merawat anaknya, maka si suami bertanggung jawab untuk menyediakan makanan bagi anaknya. Namun karena sudah menjadi kebiasaan, maka istrilah yang mengerjakan hal-hal tersebut. Syaikh Nazim (qs) mengatakanbahwa pria harus bersikap lebih apresiatif, arif dan menolong bukannya memanfaatkanistriny a untuk mengurus rumah dan merawat anaknya.) Kalian (pria) harus melakukannya: mencuci,bersih- bersih, dan merawat anak-anak.
Dalam syariah, Allah (swt) bahkan tidak memerintahkan wanita untukmemberikan susu kepada anak-anak kalian.
Itu termasuk tanggung jawab kalian, wahai pria. Kalian harus menyediakannya (susu), kalianharus membayarnya.

Kalian memberi bayaran pada wanita? Untuk setiap bayi yang dia lahirkan, kalian harus membawakan rantai emas (perhiasan) untuk istrimu. Ya, ketika dia memberikan susunya kepada sibayi, kalian harus membayarnya, bukannya mengatakan, Kamu dapat melakukannya, kamu bisa menemukan seseorang untuk memberi susu kepada bayimu.

Jangan menyuruhnya untuk bekerja!
Dia hanyalah sebagai hijab antara kamu dengan hal-hal yang haram, itulahtugasnya. Segalanya berada di pundakpria, tetapi mereka (wanita) mau melakukannya karena mereka bersyukur kepada kita, mereka melakukannya dengan sukarela.

Apakah kamu sekali-sekali pernah mencuci


2.    PENGERTIAN SAMBUTAN
Sambutan yaitu memberikan pidato pendek sesuai acara yang ada.
Kalau Sambutan yang dimaksud dalam rangka kedatangan tamu maka artinya menyongsong atau menyambut atau merayakan atas kedatangan tamu.

CONTOH PIDATO SAMBUTAN
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya cintai.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah.
Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini.
Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini, yang dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah semua guru, kami pun dapat lulus dari SMP ini.
Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu.
Juga untuk teman2 semua. Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua, karena kita sudah bersama2 selama 3 tahun ini. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMA, ke SMK, ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita2 yang selama ini diangan2kan.
Akhir kata, saya mau mengucapkan sukses selalu buat teman2, doa saya menyertai teman2 semua...

PENGERTIAN PIDATO  
Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

A.   Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1.      Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara    mc.
2.      Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3.      Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4.      Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5.      Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6.      Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

B.   Metode Pidato

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1.       Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2.      Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3.      Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

C.    Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

Teknik Penyajian Berpidato yang Baik
Dalam menyampaikan materi pidato diperlukan strategi penyampaian yang
baik, hal ini di maksud agar menarik simpati pendengar. OLeh karena itu,
di bawah ini adalah beberapa Teknik penyampaian pidato yang baik .
1)  Menggunakan bahasa yang mudah dipahami pendengar.
2) Menggunakan contoh dan ilustrasi yang mempermudah pendengar dalam
konsep yang abstrak apabila diperlukan.
3) Memberi penekanan dengan cara mengadakan variasi dalam gaya penyajian.
4) Mengorganisasikan materi sajian dengan urut dari hal mudah ke hal yang
sulit dan lengkap.
5) Menghindari penggunaan kata-kata yang meragukan dan berlebih-lebihan.

6) Program atau materi disajikan dengan urutan yang jelas.
7) Berikan ikhtisar butir-butir yang penting, baik selama sajian maupun pada
akhir sajian.
8) Gunakan variasi suara dalam memberikan penekanan pada hal-hal yang
     penting.        
9) Kejelasan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat agar pendengar tidak
bosan atau terkesan monoton.
10) Membuat dan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman
  pendengar, minat pendengar, atau sikap pendengar, jika diperlukan.
11) Menggunakan nada suara, volume suara, kecepatan bicara secara bervariasi.
12) Menggunakan bahasa tubuh yang mendukung komunikasi Anda dengan
  pendengar.








PIDATO PERPISAHAN SEKOLAH"

As
salamu’alaikum Wr.Wb

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat ilahirobbi yang mana pada kesempatan kali ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat amin ya robbal ‘alamin.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan tak lupa kepada kita selaku umatnya, yang insya Allah akan selalu taat pada ajarannya.
Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.
Tidak terasa sudah 3 tahun kita berada disini. Susah, senang, sudah kita alami dan lalui bersama. Dan hari ini adalah puncak yang sebenarnya, kita semua akan berpisah tidak akan ada lagi kebersamaan dan kekompakan yang akan kita temukan di hari esok.
Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.
Tak lupa juga kami sangat berterima kasih mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan, hingga sampai mengantarkan kita pada gerbang ini untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau, kami bukan apa-apa, banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan sabarnya mereka membimbing kami.
Mudah-mudahan perpisahan ini bisa menambah erat solidaritas kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.
Kejarlah cita-citamu teman !! agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien.
Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.
Sekian dari saya.
Wabilahitaufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb






PERSAMAAN & PERBEDAAN PIDATO, KHOTBAH DAN SAMBUTAN

1.     Persamaan Pidato, Khotbah Dan Sambutan.
Pidato, Khotbah Dan Sambutan adalah  sama apabila di lihat dari isinya yaitu ucapan Pidato yang di rangkai yang di ungkapkan/ di sampaikan kepada orang banyak  .

2.     Perbedaan Pidato, Khotbah Dan Sambutan
Perbedaan yang mendasar antara pidato sambutan dan khotbah dapat dilihat pada fungsi atau tujuanya

Ø  Pidato merupakan seni berbicara di depan orang banyak yang disampaikan dalam situasi formal ataupun non formal
Ø  Khotbah merupakan pidato yang bertujuan untuk mendorong pendengar memiliki semangat dan keyakinan terhadap hal yang disampaikan yang bersifat keagamaan yang biasa nya khusus pada acara-acara keagamaan.
Ø  Sambutan merupakan pidato pendek yang bertujuan untuk memberi tahu sesuatu kepada pendengaryang biasaya di kemukaakan pada awal acara.

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.